Skip to main content

Technorati Claim in Progress

Hmmm... September untuk Banda Aceh tahun ini mungkin adalah bulan angin-anginan. Bulan yang penuh dengan angin sibuk dan hujan yang mengutuk. Seperti dua hari ini. Hujan dan angin kencang seperti mengepung Banda Aceh dan sekitarnya. Orang-orang yang sedikit alergi untuk berbasah-basah menjadi malas keluar rumah. Dan buatku yang sedari pagi tak keluar rumah sebab hujan dan angin kencang, mungkin termasuk juga dalam kelompok orang-orang yang alergi ini.


Btw, manfaatin waktu di rumah dari pagi sampai siang sekarang. Iseng, kubuka blog yang baru bulan kemarin kugeluti. Kata seorang teman, blogku tambah ramai saja pengunjungnya. Tapi menurutku, blogku masih terdapat banyak kekurangan di sana-sini. Karenanya, dalam beberapa kesempatan, aku sering baca-baca artikel tentang tips dan trik ngeblog. Memanfaatkan om google, aku memilih keyword macam-macam untuk menemukan tips dan trik ngeblog yang kumaksud. Dan kemudian aku menemukan blog yang salah satu judul postingannya adalah cara mendaftarkan blog ke technorati. Aku tertarik. Kubuka itu blog, trus kubaca, kusimak, kudalami, kuikuti petunjuknya, sampai aku mentok pada sebuah laman seperti gambar di bawah:


Maka setelah kubaca teks-teks berbahasa Inggris dalam laman seperti di atas, dengan kemampuan bahasa Inggris-ku yang sangat pas-pasan, dapat kupahami bahwa ternyata setelah sebuah alamat blog telah terdaftar di mesin pelacak blog (salah satunya; technorati), tidak serta merta blog yang terdaftar tersebut akan diterima oleh pihak yang membuka pendaftaran ini. 

Kita harus mem-verify via email terlebih dahulu, dan kemudian dilanjutkan dengan check claim untuk memferivikasi akun yang kita daftar tadi. Nah, sampai di sini pun, akun kita belum dinyatakan telah diferivikasi sebelum kita mem-publish sebuah tulisan yang di dalamnya terdapat kode token yang diberikan technorati. Contoh kode tokennya seperti ini: UGBCGKFG74DF. Lengkapnya:
Sep 10, 2011. ... the claim token UGBCGKFG74DF in any posts in your feed. Please make sure that you have entered it correctly in a post body and that the token appears in the feed whose URL you have given us. Once you are sure we should be able to find the claim token, use "Update Site Feed URL" so that we can check again.

Contoh kode token di atas adalah kepunyaanku. Dan dalam keadaan hujan yang terus-terusan mengguyur ini, aku tak seberapa tahu tentang kepunyaanmu. Hehehehe... Salam.

Popular posts from this blog

Satu Jam Bersama Ibu & Putri Ishak Daud Di Rumah Kak Na

Marlina atau akrab dipanggil Kak Na, istri Wakil Gubernur Aceh Muzakkir Manaf dengan balutan gaun biru muda terlihat sumringah sore ini. Duduk berbaur bersama sejumlah ibu-ibu berusia lanjut di Aula rumah dinas di Jalan Syeich Muda Wali Banda Aceh, Rabu sore 31 Juli 2013, Kak Na menggelar acara silaturrahmi dan buka puasa bersama dengan Nyak-nyak pedagang kaki lima. 
Di aula yang terletak di samping kanan rumah dinas itu, sejumlah penganan buka puasa mewah sudah tersedia di meja bulat yang kerap dipakai oleh pejabat teras pemerintah. Namun, hari ini, atas undangan Kak Na meja dengan hiasan bordiran khas Aceh ini dipakai oleh sekitar 50-an lebih pedagang kaki lima. 
Saat saya masuk ke ruangan ini, Kak Na duduk di meja paling depan dan akrab bergurau dengan seorang gadis kecil yang duduk di samping kanannya. Tepat di depannya seorang nenek duduk sambil sesekali tersenyum melihat Kak Na bersenda dengan gadis kecil tersebut. 
“Selain Nyak-nyak yang hadir sebagai tamu khusus, Kak Na punya tam…

'Mabok Halal' Ala Kopi Aceh

"Di Aceh tak ada minuman halal lain yang bikin pening alias mabok kecuali kopi. Yang haram tapi bikin mumang? Ada, dan saya tak bilang banyak. Kalau mau dicari Ie Jok Masam salah satunya."

Sopir Nyentrik dan Gosip Para Perempuan Tentang Profil Calon Gubernur Aceh Kedepan

Dalam angkutan umum Minibus L.300 jurusan Banda Aceh-Lhokseumawe. Penumpang penuh. Dua orang perempuan di samping sopir, tiga orang perempuan di jok belakang sopir, dua perempuan dan satu laki-laki di baris ketiga. Saya bersama satu penumpang laki-laki lainnya duduk di jok paling belakang.
Aku menumpangi mobil ini saat pulang ke Meureudu akhir Januari lalu. Ini mobil penumpang yang mangkal di terminal angkutan umum antar kota dalam provinsi di Batoh, Banda Aceh. Mobil yang kutumpangi adalah salah satu mobil yang tergabung dalam perusahaan jasa angkutan CV. Mandala. Setidaknya inilah yang tertulis dengan stiker putih di bagian atas kaca depannya.
Sang sopir adalah seorang pria setengah baya. Agak nyentrik untuk ukuran sopir L.300 yang sering kutemui ketika bolak balik Banda Aceh-Meureudu atau ketika aku bepergian ke daerah-daerah lain di Aceh. Minibus L.300 adalah satu-satunya jenis mobil penumpang alternatif yang menjangkau seluruh kabupaten kota di Aceh.
Si sopir yang kubilang nyentri…