Dianjurkan Merokok Di: Djendelo Koffie - Yogyakarta

Rasanya, sudah kemana-mana pergi, baru kali ini saya menemukan tempat yang jelas-jelas meminta para pelanggannya merokok sekuat tenaga. Tidak menakut-nakuti, apalagi melarang. Tak ada poster-poster larangan yang berbunyi: Dilarang Merokok atau Don't Smoking. Yang ada malah sebaliknya. Kaget?

Ceritanya ada di sini. Jika kau pernah ke Yogyakarta, sempatkanlah pergi barang sejam-dua jam ke Toko Buku Toga Mas di pangkal jalan Gejayan Affandi. Saya tidak mengajak kamu membeli buku. Saya ingin kasih tahu bahwa di lantai dua toko buku ini ada sebuah tempat melepas rehat, duduk santai sambil minum kopi atau makan penganan kecil seadanya. Ini tempat santai. Sebuah cafetaria. Namanya Djendelo Koffie.

Sampai di sini, saya juga tidak mengajak kamu atau membuat kamu ngiler dengan daftar-daftar menu. Tapi sesuai dengan judul tersebut di atas, saya ingin menceritakannya buatmu sedikit dua, tiga dikit. Di sini kamu bebas merokok. Titik. Yang anti merokok, saya kira jangan mendekat. Mesti jauh. Atau kalau sudah merapat, cepat-cepat angkat sauh. Kaget? Saya bilang jangan kaget. Sebab, masuk ke cafe ini, pertama duduk di kursi pesanan, kau akan dapati sebuah plakat di atas meja. Plakatnya memuat dua tulisan di depan dan belakangnya. Saya ada memotret ini plakat. Silahkan lihat. Sila mencerna tulisan saya dan boleh merangkai beberapa pendapat. Mari.




Yogyakarta, 25 Sept. 2012.

Popular Posts