Skip to main content

Kagumnya Alphonse de Lamartine Terhadap Pribadi Nabi Muhammad

doc. google image
Alphonse Marie Louis de Prat de Lamartine nama lengkapnya. Adalah politikus cum budayawan cum sastrawan kawakan dunia, yang lahir pada 21 Oktober 1790 di Macon, Burgundy, Prancis. Terlahir di kalangan ningrat, orang besar ini telah menghasilkan banyak karya sastra yang telah diterjemahkan dalam pelbagai bahasa dunia. Tapi di samping karya-karya monumentalnya seperti Meditation Poetiques (1820), tahun 1854 de Lamartine yang meninggal pada 28 Februari1869 menulis sebuah risalah sejarah berjudul Histoire de la Turquie (Sejarah Turki). Di buku inilah seorang tokoh besar Prancis ini mengungkapkan kekagumannya terhadap sosok Muhammad رسول الله صلى الله عليه وسلم.

Sebagaimana dikutip Raghib As Sirjani, dalam karya tersebut, de Lamartine menulis: "Apabila parameter untuk menyebut manusia genius dengan merujuk kriteria; talenta hebat, minim sarana, tapi punya hasil spektakuler, lalu adakah manusia genius dalam sejarah kemanusiaan kontemporer yang mampu mengungguli kegeniusan Muhammad? Orang-orang hebat telah menciptakan beragam jenis persenjataan, merumuskan produk-produk hukum, membangun pemerintahan besar. Akan tetapi, kebesaran mereka bersifat temporal dan kehebatan mereka lenyap bersama matinya orang hebat itu sendiri.
Orang jenius bernama Muhammad ini tidak menciptakan senjata, tidak memobilisasi pasukan, tidak membuat undang-undang, tidak menciptakan kerajaan, tetapi dia memimpin berjuta-juta manusia hingga detik ini bahkan era yang akan datang para pengikutnya akan tetap eksis di bumi ini. Muhammad mampu menyatukan kabilah-kabilah yang berseteru, menghilangkan kelas sosial, meluruskan keyakinan yang keliru--paganisme menjadi penyembah Tuhan Yang Esa--serta membetulkan cara pikir yang salah.

Muhammad adalah pribadi yang sabar. Ketabahan dan kesabarannya melahirkan kemenangan dari Tuhan. Muhammad adalah pribadi yang memiliki cita-cita besar, bukan obsesi mendirikan kerajaan atau ambisi-ambisi terselubung kepentingan pragmatisme duniawi yang sesaat. Dia bercita-cita mengajak seluruh manusia menyembah Tuhan Yang Esa. Itulah yang diperjuangkan sepanjang hidupnya. Tuhan memberinya kemenangan meski raganya telah tiada. Adakah kesuksesan agung itu menunjukkan sosok Muhammad adalah Dajjal?

Sungguh nista mereka yang menuduh Muhammad sebagai pendusta dan Dajjal. Justru kesuksesan dan kemenangan Muhammad adalah bukti bahwa dia pribadi yang teguh pendirian, jujur, dan amanah. Hal tersebut juga bukti kebenaran risalah yang diserukan Muhammad yang mengajak umat manusia meyakini keesaan Tuhan, percaya segala sesuatu selain Allah pasti akan binasa. Percaya bahwa Tuhan tidak menyerupai makhluk apa pun, percaya bahwa Tuhan kekal abadi, selain-Nya akan binasa.

Muhammad tidak menyebarkan risalah Tuhannya dengan hunusan pedang, dia selalu berpijak pada perilaku hikmah, nasihat santun dan sikap bijak dalam menyiarkan risalah Tuhan. Itulah sejatinya sosok agung Muhammad, dia bisa kita sebut filsuf, orator, Nabi dan utusan, pengawal hukum Tuhan, petarung mereka yang menyerang agama Tuhan, penakluk musuh-musuh, peletak dasar metodologi pemikiran yang konstruktif, dan pengajar hidup damai sejahtera. Dia pendiri dua puluh kerajaan di muka bumi, serta satu kerajaan spiritual untuk seluruh umat manusia sepanjang masa. Jika ada yang membuat parameter orang besar, adakah manusia yang lebih besar dari Muhammad? Dia adalah yang terbesar dari manusia-manusia besar."

Sumber: wikipedia dan buku Pengakuan Tokoh Nonmuslim Dunia tentang Islam karya Dr. Raghib As Sirjani.

Popular posts from this blog

Satu Jam Bersama Ibu & Putri Ishak Daud Di Rumah Kak Na

Marlina atau akrab dipanggil Kak Na, istri Wakil Gubernur Aceh Muzakkir Manaf dengan balutan gaun biru muda terlihat sumringah sore ini. Duduk berbaur bersama sejumlah ibu-ibu berusia lanjut di Aula rumah dinas di Jalan Syeich Muda Wali Banda Aceh, Rabu sore 31 Juli 2013, Kak Na menggelar acara silaturrahmi dan buka puasa bersama dengan Nyak-nyak pedagang kaki lima. 
Di aula yang terletak di samping kanan rumah dinas itu, sejumlah penganan buka puasa mewah sudah tersedia di meja bulat yang kerap dipakai oleh pejabat teras pemerintah. Namun, hari ini, atas undangan Kak Na meja dengan hiasan bordiran khas Aceh ini dipakai oleh sekitar 50-an lebih pedagang kaki lima. 
Saat saya masuk ke ruangan ini, Kak Na duduk di meja paling depan dan akrab bergurau dengan seorang gadis kecil yang duduk di samping kanannya. Tepat di depannya seorang nenek duduk sambil sesekali tersenyum melihat Kak Na bersenda dengan gadis kecil tersebut. 
“Selain Nyak-nyak yang hadir sebagai tamu khusus, Kak Na punya tam…

'Mabok Halal' Ala Kopi Aceh

"Di Aceh tak ada minuman halal lain yang bikin pening alias mabok kecuali kopi. Yang haram tapi bikin mumang? Ada, dan saya tak bilang banyak. Kalau mau dicari Ie Jok Masam salah satunya."

Sopir Nyentrik dan Gosip Para Perempuan Tentang Profil Calon Gubernur Aceh Kedepan

Dalam angkutan umum Minibus L.300 jurusan Banda Aceh-Lhokseumawe. Penumpang penuh. Dua orang perempuan di samping sopir, tiga orang perempuan di jok belakang sopir, dua perempuan dan satu laki-laki di baris ketiga. Saya bersama satu penumpang laki-laki lainnya duduk di jok paling belakang.
Aku menumpangi mobil ini saat pulang ke Meureudu akhir Januari lalu. Ini mobil penumpang yang mangkal di terminal angkutan umum antar kota dalam provinsi di Batoh, Banda Aceh. Mobil yang kutumpangi adalah salah satu mobil yang tergabung dalam perusahaan jasa angkutan CV. Mandala. Setidaknya inilah yang tertulis dengan stiker putih di bagian atas kaca depannya.
Sang sopir adalah seorang pria setengah baya. Agak nyentrik untuk ukuran sopir L.300 yang sering kutemui ketika bolak balik Banda Aceh-Meureudu atau ketika aku bepergian ke daerah-daerah lain di Aceh. Minibus L.300 adalah satu-satunya jenis mobil penumpang alternatif yang menjangkau seluruh kabupaten kota di Aceh.
Si sopir yang kubilang nyentri…